Senin, 21 Januari 2019

Beberapa Masalah dan Solusi Desktop Emis

Assalamu'alaikum, sahabat infoanda.in kali ini admin akan berbagi beberapa solusi yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi saat menjalankan aplikasi desktop EMIS semester ganjil tahun 2015 / 2016



Disimak dengan baik jika ada pertanyaan yang berhubungan dengan aplikasi desktop ini silahkan tanyakan pada kotak komentar dibawah



infoanda.in


Ada beberapa sebab:

  • Aplikasi pernah digunakan untuk login sebuah lembaga denga nilai NSM tertentu. Solusinya adalah menggunakan aplikasi baru (fresh) yang belum digunakan untuk login.
  • NSM lembaga tersebut memang belum terdata di master database EMIS.
Solusinya adalah menambahkan id lembaga ke dalam Aplikasi Pendiirian Madrasah, sehingga nanti saat update Semester Genap sudah bisa melakukan Update Data.



infoanda.in
  • Hal ini diakibat karena format region komputer anda belum di setting menjadi English (United States).
Silahkan baca : Siapkan Beberapa Hal Ini Sebelum Emis Desktop



infoanda.in


  • Hal ini diakibatkan oleh karena File excel yang akan diupload masih terbuka.
Solusinya : Tutuplah terlebih dahulu file yang akan diupload



infoanda.in
  • Permasalahan ini diakibatkan oleh karena Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat (perhatikan Header excel dan kolom lainnya) Lakukan perbaikan data pada excel sesuai dengan petunjuk
infoanda.in
  • Seperti halnya dengan permasalahan ke 4, permasalahan ini juga diakibatkan oleh karena Copy Paste dari data yang sudah ada tapi kurang teliti  (perhatikan Header excel dan kolom lainnya)
Solusi : Lakukan perbaikan data pada excel sesuai dengan petunjuk



infoanda.in
  • Permasalahan ini diakibatkan karena ketidaksesuaian antara type OS dengan engine acces. Kasus diatas menyatakan engine OS type 64 bit tidak teratanam di dalam komputer.
Solusi :  Lakukan ceking ulang sebagaimana yang sudah pada postingan sebelumnya. Pastikan ODBC (64-bit) tertanam driver accesnya. Bila yang tertanam driver acces 32 bit (lihat dibagian ODBC (32-bit)), maka driver tersebut harus di uninstall  terlebih dahulu.



Baca postingan tentang : Siapkan Beberapa Hal Ini Sebelum Emis Desktop

infoanda.in
  • Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras” akibat beberapa hal, antara lain :Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan atau bisa juga di sebabkan oleh virus yang menguras pemakaian memory.
Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalau masih terjadi hal yang sama setelah semua dimatikan berarti Hard Disc komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS yang baru



infoanda.in
  • Seperti permasalahan ke 1, kesalahan seperti ini diakibatkan oleh karena kesalahan operasi aplikasi.
Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru.



infoanda.in
  • Hal ini diakibatkan oleh karena kesalahan operasi aplikasi dalam mengindeks data, biasanya akibat kesalahan isi data, contohnya seperti penulisan  tanggal lahir.
Solusinya: Jangan sembarangan melakukan Copy Paste dalam pengisian data, sebaiknya diketik ulang secara manual (biasakan membaca petunjuk penggunaan !!!)



infoanda.in
  • Kesalahan ini diakibatkan oleh software office, terutama excel.
Solusi : Lakukan Instalasi ulang pada office dan sesuaikan dengan type OS Komputer



infoanda.in
  • Hal ini diakibatkan terdapat “kesalahan” sehingga secara terpaksa OS menutup operasional aplikasi atau aplikasi “TIDAK MAU BERJALAN”.
Solusinya: Lakukan cek  netframework , type engine access - jika semua sudah memenuhi syarat, gunakan trik berikut :



Jalankan aplikasi sebagai Administrator (lihat animasi dibawah)



infoanda.in
klik untuk memperbesar gambar


Atau bisa juga dengan cara lain, membuat  aplikasi tersebut compatble dengan OS yang dimiliki. Caranya adalah jalankan file ekstensi aplication (contohnya Validasi MA) dengan klik kanan dan pilih Propertis dan pilih tab Compatibility,  Pilih jenis OS yang tersedia di sana.



infoanda.in
klik untuk memperbesar gambar
Atau dengan klik pada Run compatibility troubleshoother dan ikuti instruksi selanjutnya



infoanda.in
klik untuk memperbesar gambar


Selanjutnya